Ujian Praktek PI RUMAH PINTAR
RUMAH PINTAR
Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI
Anggota kelompok:
1.Dio Rahmat Permana XII Bahasa II/06
2.Mario Christoforus
Angelino Tanasaleh XII Bahasa II/19
3.Richard Fritson
Laurianto XII Bahasa II/25
4.Yuda Wahyu Poernomo XII Bahasa II/28
SMA SANTA MARIA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
KATA PENGANTAR
Puji Tuhan kami haturkan
kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata
pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja
bersama anggota tim dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah
memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu
kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, S.Kom,
sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart program yang
dilampirakan.
2. Bapak F.X. Rudy Prasetya,
S.S., Med.Kom, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing penulisan makalah
Ujian Praktik ini.
3. Bapak Drs. I Ketut Samudra,
S.T., M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan proyek maket Rumah
Pintar.
Makalah ini masih jauh dari
sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina.
Sehingga nantinya menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk
pengembangan ilmu pengetahuan.
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL………………………………………………………………i
KATA PENGANTAR…………………………...………………………………….
ii
DAFTARISI…...……………………………………………………………………iii
BAB I:PENDAHULUAN ……………………………………………………………4
1.1 Latar Belakang ………………………………………………………………….. 4
1.2 Rumusan Masalah
....................................................................................................4
1.3 Tujuan……………………………………………………………………………...4
1.4 Manfaat
……………………………………………………………………………4
1.5Batasan Istilah
……………………………………………………………………..4
BAB II :KAJIANPUSTAKA ………………………………………………………..5
2.1 Rumah
……………………………………………………………………………..5
2.2 Modern
…………………………………………………………………………….5
2.3
Mikrokontroller……………………………………………………………………5
BAB III: PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK…………………………..6
3.1Rumah pintar..........................................................................................................6
3.2 Alat dan Bahan…………………………………………………………………..6
3.3Blog Diagram Maket Proyek dan gambar foto maket…………………………6
3.4Cara kerja proyek………………………………………………………………..6
BAB IV: ANALIS DATA PROYEK……………………………………………….7
4.1 Spesifikasi Maket………………………………………………………………...7
4.2 KinerjaProyek……………………………………………………………………7
4.3 Flowcart Program……………………………………………………………...7-8
4.4 Lampiran Program TurboC++ Versi
Arduino………………………………8-9
BAB V: KESIMPULAN…………………………………………………………..10
5.1 Kesimpulan……………………………………………………………………..10
5.2 Kesan Saran……………………………………………………………………10
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam
memenuhi penilaian Ujian Prakter di mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi, Bahasa Indonesia, dan Penelitian Ilmiah. Kami membuat sebuah Rumah
yang dimana pintu nya bisa mentutup dan terbuka dengan sendirinya dan
menyalakan lampu. Dengan ini, harapan kami adalah dapat memenuhi tugas akhir
Ujian Praktek selain itu, kita juga dapat memberikan suatu inovasi baru
terhadap generasi muda untuk dapat lebih dapat mengembangkan kreatifitas
daripada apa yang telah kami kerjakan.
Dalam kenyataannya, generasi muda di jaman modern ini mengingin kan
sesuatu dengan cepat dan instan dikarenakan maju nya teknologi yang berkembang
dengan pesat yang membuat manusia ingin sesuatu dengan cepat dan instan. Oleh
karena itu kita membuat makalah dan maket
ini untuk memberikan solusi kepada generasi muda. Dengan, inovasi yang kita
buat para generasi muda dapat mengembangkan nya tanpa malas untuk membuat
dasarnya. sehingga mereka dapat membuat maket ini lebih menarik dan lebih baik
dari hasil karya kami. Karena kami sadar dan yakin, bahwa ada lebih banyak anak
muda yang lebih kreatif dari pada kami, dan lebih paham apa yang kurang dari
pekerjaan kami ini.
1.2 Rumusan Masalah
1 Apa fungsi dari rumah pintar?
2 Bagaimana Pengerjaanya ?
3 Apa saja yang dibutuhkan
untuk membuat rumah pintar ini?
1.3 Tujuan
1. Untuk memenuhi tugas akhir
Ujian Praktek kami dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bahasa
Indonesia, dan Penelitian Ilmiah.
2. Sebagai rancang untuk
kedepannya agar rumah bisa menjadi tempat paling nyaman untuk beristirahat dan
berkumpul dengan teman - teman
1.4 Manfaat
1. Rumah Pintar berupa maket
dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk meluangkan waktu bersama keluarga
selagi bersantai dan menikmati pemandangan dari rumah pintar itu sendiri.
2. Rumah Pintar sebagai
rancangan kedepan untuk menjadikan rumah yang lebih modern dari yang sekarang.
1.5 Batasan Istilah
Rumah Pintar adalah rumah yang
dimana pintu nya bisa membuka dan menutup sendiri dengan menggunakan sensor
yang ada.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Rumah Dalam arti umum
rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi
tempat tinggal manusia maupun hewan, namun untuk istilah tempat tinggal yang khusus bagi
hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang. Dalam arti khusus, rumah
mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam
bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.
Rumah,2/1/2018
2.2 Modern
Menurut KBBI yaitu sikap dan cara berpikir serta cara bertindak
sesuai dengan tuntutan zaman;
Modern,2/1/2018,
2.3 Mikrokontroller
sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip. Mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang digunakan dalam sebuah PC, karena di dalam sebuah mikrokontroler umumnya juga telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor,yakni memori dan antarmuka I/O,sedangkan di dalam mikroprosesor umumnya hanya berisi CPU saja.
sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip. Mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang digunakan dalam sebuah PC, karena di dalam sebuah mikrokontroler umumnya juga telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor,yakni memori dan antarmuka I/O,sedangkan di dalam mikroprosesor umumnya hanya berisi CPU saja.
BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK
3.1Rumah pintar
Rumah yang dimana pintu dari rumah pintar tersebut
bisa terbuka dan tertutup dengan sendiri nya dengan menggunakan sensor, dan
lampu yang menyala. Dengan pemandangan yang luar biasa diluar rumah.
3.2 Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
a.Triplek, Karton
b.Lem, Paku,isolasi
c. Palu,paku
d.......
e.Assesoris
2. Elektronika
a. Mikrokontroller Arduino
b. Led dan Resistor
c. Sensor dan Spiker
d. Kabel, timah solder
a.Triplek, Karton
b.Lem, Paku,isolasi
c. Palu,paku
d.......
e.Assesoris
2. Elektronika
a. Mikrokontroller Arduino
b. Led dan Resistor
c. Sensor dan Spiker
d. Kabel, timah solder
3.3Blog Diagram Maket Proyek dan gambar foto maket
3.4Cara kerja proyek
Dengan menaruh tangan
didepan sensor, maka pintu dari rumah pintar akan terbuka dengan sendirinya,
apabila tangan tidak diarah kan di sensor maka pintu akan menutup dengan
sendirinya.
BAB IV
ANALIS DATA PROYEK
4.1 Spesifikasi Maket
Spesifikasi maket rumah masa depan berhelipad
dirancang dengan ukuran kecil:
Luas area : 30x40 cm
Luas bangunan: 20x30 cm
Perbandingan Maket dan Real: 1:10.000
Panjang bangunan: 30 cm
Lebar bangunan: 20 cm
Tinggi bangunan: 40 cm
Spesifikasi Bahan
Alas Triplek 30x40 cm tebal 4 cm
Bahan dinding dan Apat: stik eskrim 500 biji
Lem Tembak
Luas area : 30x40 cm
Luas bangunan: 20x30 cm
Perbandingan Maket dan Real: 1:10.000
Panjang bangunan: 30 cm
Lebar bangunan: 20 cm
Tinggi bangunan: 40 cm
Spesifikasi Bahan
Alas Triplek 30x40 cm tebal 4 cm
Bahan dinding dan Apat: stik eskrim 500 biji
Lem Tembak
Lem Uhu
Spesifikasi Alat Listrik
Mikontroller Type Atmega328
Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam,kuning,dan hijau)
Timah ukuran 40x60
Solder
Mikontroller Type Atmega328
Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam,kuning,dan hijau)
Timah ukuran 40x60
Solder
Arduino
4.2 Kinerja Proyek
Kelebihan Proyek
Kelebihan dari proyek ini adalah dapat mensimulasi protype rumah yang cagih di zaman ini dan diharapkan dapat direalisasi dengan ukuran yang sesuai . Alat kontrol ini berupa remot control sehingga dengan alat itu kita dapat menutup pintu garasi dengan romot,dan lampu rumah ini dapat dinyalakan secara bersamaan.Hal ini seperti rumah di film Home Alone 4.
Kelebihan Proyek
Kelebihan dari proyek ini adalah dapat mensimulasi protype rumah yang cagih di zaman ini dan diharapkan dapat direalisasi dengan ukuran yang sesuai . Alat kontrol ini berupa remot control sehingga dengan alat itu kita dapat menutup pintu garasi dengan romot,dan lampu rumah ini dapat dinyalakan secara bersamaan.Hal ini seperti rumah di film Home Alone 4.
Kelemahan Proyek
Karena bahan maket ini dari stik eskrim, maka bila di tertimpa benda padat akan mudah hancur.Sehingga harus ditempatkan ditempat yang aman.
Karena bahan maket ini dari stik eskrim, maka bila di tertimpa benda padat akan mudah hancur.Sehingga harus ditempatkan ditempat yang aman.
4.3 Flowcart Program
4.4 Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
Tuliskan program C++ yang diupload ke memori chip Arduino dan penjelasaan
Tuliskan program C++ yang diupload ke memori chip Arduino dan penjelasaan
#include
<LiquidCrystal.h>
#include <Servo.h>
int RECV_PIN = 7;
IRrecv irrecv(RECV_PIN);
decode_results results;
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5,
4, 3, 2);
Servo myservo;
int pos;
void setup() {
Serial.begin(9600);
pinMode(7,INPUT);
irrecv.enableIRIn(); // Start ambil kode
tombol
lcd.begin(16, 2);
myservo.attach(6);
pinMode(8,OUTPUT);
pinMode(9,OUTPUT);
pinMode(10,OUTPUT);
}
void runingled1(){
digitalWrite(8,OUTPUT);
delay(100);
digitalWrite(8,LOW);
delay(100);
digitalWrite(9,OUTPUT);
delay(100);
digitalWrite(9,LOW);
delay(100);
digitalWrite(10,OUTPUT);
delay(100);
digitalWrite(10,LOW);
delay(100);
}
void runingled2(){
digitalWrite(10,OUTPUT);
delay(100);
digitalWrite(10,LOW);
delay(100);
digitalWrite(9,OUTPUT);
delay(100);
digitalWrite(9,LOW);
delay(100);
digitalWrite(8,OUTPUT);
delay(100);
digitalWrite(8,LOW);
delay(100);
}
void onoff(){
digitalWrite(8,OUTPUT);
digitalWrite(9,OUTPUT);
digitalWrite(10,OUTPUT);
delay(100);
digitalWrite(8,LOW);
digitalWrite(9,LOW);
digitalWrite(10,LOW);
delay(100);
}
void loop(){
if
(irrecv.decode(&results)) {
Serial.print(" Nlai HEXA Tombol:
");
Serial.println(results.value, HEX);
switch(results.value){
//kata-kata LCD
case 0x2FD807F: //tombol 1
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("SELAMAT DATANG");
lcd.setCursor(0, 1);
lcd.print("UPRAK-TIK-BI-PI");
break;
case 0x2FD40BF: //tombol2
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("INI PROYEK KAMI");
lcd.setCursor(0, 1);
lcd.print("MAHA KARYA
MEGAH");
break;
case 0x2FDC03F: //tombol 3
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("MARI
MENIKMATI!!");
lcd.setCursor(0, 1);
lcd.print("DEMO PROYEK
KAMI");
break;
case 0x2FD20DF: //tombol 4
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("SALAM SEJAHTERA!!");
lcd.setCursor(0, 1);
lcd.print("MOGA DAMAI
SLALU");
break;
case 0x2FDA05F: //tombol angka 5
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("TERIMA=====KASIH");
lcd.setCursor(0, 1);
lcd.print("SAMPAI=====JUMPA");
break;
case 0x2FD609F: //tombol angka 6
for (pos = 0; pos <= 90; pos += 1) {
myservo.write(pos);
delay(15);
}
break;
case 0x2FDE01F: //tombol angka 7
for (pos = 90; pos >=0; pos -= 1) {
myservo.write(pos);
delay(15);
}
break;
case 0x2FD10EF: //tombol angka 8
runingled1();
runingled1();
break;
case 0x2FD906F: //tombol angka 9
runingled2();
onoff();
runingled2();
break;
case 0x2FD00FF: //tombol angka 0
onoff();
runingled1();
onoff();
break;
}
irrecv.resume(); // ambil kode berikutnya
}
}
BAB V
KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan
Berdasarkan uraian BABI sampai BAB IV dapat diberikan kesimpulan bahwa
Rumah pintar dapat mengatasi sebagian besar masalah masyarakat dan dapat
dijadikan reverensi rumah kedepannya dengan kecangihan atau kepintaran yang
terdapat di rumah itu melalui program yang dibuat.
5.2 Kesan Saran
Kesan
Melalui kerja sama ini kami dapat membangun rasa persaudaraan dan
pertemanan yang lebih akrab antara anggota kelompok.Sehingga kami dapat lebih
dekat satu sama lain.
Saran
Ke depan sistem pujian praktik diharapkan dapat dibuat lebih menarik
lagi,seperti memberikan tema dan tantangan yang berbeda-beda kepada
masing-masing kelompok sehingga akhirnya maket yang dikerjakan dapat lebih
bervariasi dan beragam.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar