Ujian Praktek PI RUMAH PINTAR

RUMAH PINTAR

Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Praktik
mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok PI


                                                               Image result for serviam




Anggota kelompok:

1.Dio Rahmat Permana                                    XII Bahasa II/06
2.Mario Christoforus Angelino Tanasaleh      XII Bahasa II/19
3.Richard Fritson Laurianto                            XII Bahasa II/25
4.Yuda Wahyu Poernomo                               XII Bahasa II/28






SMA SANTA MARIA
JL. RAYA DARMO 49 SURABAYA
TAHUN 2017
    -------------------------------------------------------------------------------------------------------





KATA PENGANTAR
       
Puji Tuhan kami haturkan kehadapan Allah atas selesainya makalah Ujian Praktik gabungan tiga mata pelajaran TIK, Bahasa Indonesia dan Mulok KWU. Makalah ini kami susun kerja bersama anggota tim dengan tugas yang berbeda-beda. Penyelesain makalah memerlukan bimbingan dari berbagai pihak terutama kepada guru pembina. Karena itu kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada:
1. Bapak Ruslan, S.Kom, sebagai guru TIK telah membimbing penulisan program serta Flowcart program yang dilampirakan.
2. Bapak F.X. Rudy Prasetya, S.S., Med.Kom, selaku guru Bahasa Indonesia telah membimbing penulisan makalah Ujian Praktik ini.
3. Bapak Drs. I Ketut Samudra, S.T., M.Pd. selaku guru Mulok KWU telah membimbing pembuatan proyek maket Rumah Pintar.
Makalah ini masih jauh dari sempurna sehingga perlu masukan yang membangun dari pembaca dan pembina. Sehingga nantinya menjadi makalah yang berkualitas dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.




DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL………………………………………………………………i
KATA PENGANTAR…………………………...…………………………………. ii
DAFTARISI…...……………………………………………………………………iii

BAB I:PENDAHULUAN ……………………………………………………………4
1.1 Latar Belakang  ………………………………………………………………….. 4
1.2 Rumusan Masalah ....................................................................................................4
1.3 Tujuan……………………………………………………………………………...4
1.4 Manfaat ……………………………………………………………………………4
1.5Batasan Istilah ……………………………………………………………………..4

BAB II :KAJIANPUSTAKA ………………………………………………………..5
2.1 Rumah ……………………………………………………………………………..5
2.2 Modern …………………………………………………………………………….5
2.3 Mikrokontroller……………………………………………………………………5

BAB III: PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK…………………………..6
3.1Rumah pintar..........................................................................................................6
3.2 Alat dan Bahan…………………………………………………………………..6
3.3Blog Diagram Maket Proyek dan gambar foto maket…………………………6
3.4Cara kerja proyek………………………………………………………………..6

BAB IV: ANALIS DATA PROYEK……………………………………………….7
4.1 Spesifikasi Maket………………………………………………………………...7 
4.2 KinerjaProyek……………………………………………………………………7
4.3 Flowcart Program……………………………………………………………...7-8
4.4 Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino………………………………8-9

BAB V: KESIMPULAN…………………………………………………………..10
5.1 Kesimpulan……………………………………………………………………..10
5.2 Kesan Saran……………………………………………………………………10

DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………11









BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
         Dalam memenuhi penilaian Ujian Prakter di mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bahasa Indonesia, dan Penelitian Ilmiah. Kami membuat sebuah Rumah yang dimana pintu nya bisa mentutup dan terbuka dengan sendirinya dan menyalakan lampu. Dengan ini, harapan kami adalah dapat memenuhi tugas akhir Ujian Praktek selain itu, kita juga dapat memberikan suatu inovasi baru terhadap generasi muda untuk dapat lebih dapat mengembangkan kreatifitas daripada apa yang telah kami kerjakan.

Dalam kenyataannya, generasi muda di jaman modern ini mengingin kan sesuatu dengan cepat dan instan dikarenakan maju nya teknologi yang berkembang dengan pesat yang membuat manusia ingin sesuatu dengan cepat dan instan. Oleh karena itu kita membuat makalah dan maket ini untuk memberikan solusi kepada generasi muda. Dengan, inovasi yang kita buat para generasi muda dapat mengembangkan nya tanpa malas untuk membuat dasarnya. sehingga mereka dapat membuat maket ini lebih menarik dan lebih baik dari hasil karya kami. Karena kami sadar dan yakin, bahwa ada lebih banyak anak muda yang lebih kreatif dari pada kami, dan lebih paham apa yang kurang dari pekerjaan kami ini.


1.2 Rumusan Masalah
 1 Apa fungsi dari rumah pintar?
2 Bagaimana Pengerjaanya ?
3 Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat rumah pintar ini?

1.3 Tujuan
1. Untuk memenuhi tugas akhir Ujian Praktek kami dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bahasa Indonesia, dan Penelitian Ilmiah.
2. Sebagai rancang untuk kedepannya agar rumah bisa menjadi tempat paling nyaman untuk beristirahat dan berkumpul dengan teman  -  teman

1.4 Manfaat
1. Rumah Pintar berupa maket dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk meluangkan waktu bersama keluarga selagi bersantai dan menikmati pemandangan dari rumah pintar itu sendiri.
2. Rumah Pintar sebagai rancangan kedepan untuk menjadikan rumah yang lebih modern dari yang sekarang.

1.5 Batasan Istilah
Rumah Pintar adalah rumah yang dimana pintu nya bisa membuka dan menutup sendiri dengan menggunakan sensor yang ada.



BAB II
KAJIAN PUSTAKA

2.1 Rumah Dalam arti umum
rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, namun untuk istilah tempat tinggal yang khusus bagi hewan adalah sangkar, sarang, atau kandang. Dalam arti khusus, rumah mengacu pada konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang terjalin di dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas, dan lain-lain.

Rumah,2/1/2018

2.2 Modern
Menurut KBBI yaitu sikap dan cara berpikir serta cara bertindak sesuai dengan tuntutan zaman;

Modern,2/1/2018,

2.3 Mikrokontroller

sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip. Mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang digunakan dalam sebuah PC, karena di dalam sebuah mikrokontroler umumnya juga telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor,yakni memori dan antarmuka I/O,sedangkan di dalam mikroprosesor umumnya hanya berisi CPU saja.




BAB III
PERENCANAAN PEMBUATAN PROYEK

3.1Rumah pintar

Rumah yang dimana pintu dari rumah pintar tersebut bisa terbuka dan tertutup dengan sendiri nya dengan menggunakan sensor, dan lampu yang menyala. Dengan pemandangan yang luar biasa diluar rumah.


3.2 Alat dan Bahan
1. Mekanik Proyek
    a.Triplek, Karton
    b.Lem, Paku,isolasi 
    c. Palu,paku
    d.......
    e.Assesoris
2. Elektronika
   a. Mikrokontroller Arduino
   b. Led dan Resistor
   c. Sensor dan Spiker
   d. Kabel, timah solder

3.3Blog Diagram Maket Proyek dan gambar foto maket




3.4Cara kerja proyek
Dengan menaruh tangan didepan sensor, maka pintu dari rumah pintar akan terbuka dengan sendirinya, apabila tangan tidak diarah kan di sensor maka pintu akan menutup dengan sendirinya.





BAB IV
ANALIS DATA PROYEK

4.1 Spesifikasi Maket

Spesifikasi maket rumah masa depan berhelipad dirancang  dengan ukuran kecil:
       Luas area : 30x40 cm
       Luas bangunan: 20x30 cm
       Perbandingan Maket dan Real: 1:10.000
       Panjang bangunan: 30 cm
       Lebar bangunan: 20 cm
       Tinggi bangunan: 40 cm
Spesifikasi Bahan
      Alas Triplek 30x40 cm tebal 4 cm
      Bahan dinding dan Apat: stik eskrim 500 biji
      Lem Tembak
     Lem Uhu
Spesifikasi Alat Listrik
      Mikontroller Type Atmega328
      Lampu LED, 1/4 watt, 2 volt
      Resistor Gip 1/2 watt nilai 220 Ohm
      Kabel nja engkel ukuran kecil serabut (warna merah, hitam,kuning,dan hijau)
      Timah ukuran 40x60
      Solder
     Arduino

4.2 Kinerja Proyek
 Kelebihan Proyek
    Kelebihan dari proyek ini adalah dapat mensimulasi protype rumah yang cagih di zaman ini dan diharapkan dapat direalisasi dengan ukuran yang sesuai . Alat kontrol ini berupa remot control sehingga dengan alat itu kita dapat menutup pintu garasi dengan romot,dan lampu rumah ini dapat dinyalakan secara bersamaan.Hal ini seperti rumah di film Home Alone 4.

Kelemahan Proyek
     Karena bahan maket ini dari stik eskrim, maka bila di tertimpa benda padat akan mudah hancur.Sehingga harus ditempatkan ditempat yang aman.

4.3 Flowcart Program



4.4 Lampiran Program TurboC++ Versi Arduino
    Tuliskan program C++ yang diupload ke memori chip Arduino  dan penjelasaan
#include <LiquidCrystal.h>
#include <Servo.h>

int RECV_PIN = 7;
IRrecv irrecv(RECV_PIN);
decode_results results;
LiquidCrystal lcd(12, 11, 5, 4, 3, 2);
Servo myservo;
int pos;
void setup() {
  Serial.begin(9600);
  pinMode(7,INPUT);
  irrecv.enableIRIn(); // Start ambil kode tombol
  lcd.begin(16, 2);
  myservo.attach(6);
  pinMode(8,OUTPUT);
  pinMode(9,OUTPUT);
  pinMode(10,OUTPUT);
 
  }
void runingled1(){
  digitalWrite(8,OUTPUT);
  delay(100);
  digitalWrite(8,LOW);
  delay(100);
  digitalWrite(9,OUTPUT);
  delay(100);
  digitalWrite(9,LOW);
  delay(100);
  digitalWrite(10,OUTPUT);
  delay(100);
  digitalWrite(10,LOW);
  delay(100);
}

void runingled2(){
  digitalWrite(10,OUTPUT);
  delay(100);
  digitalWrite(10,LOW);
  delay(100);
  digitalWrite(9,OUTPUT);
  delay(100);
  digitalWrite(9,LOW);
  delay(100);
  digitalWrite(8,OUTPUT);
  delay(100);
  digitalWrite(8,LOW);
  delay(100);
}
void onoff(){
  digitalWrite(8,OUTPUT);
  digitalWrite(9,OUTPUT);
  digitalWrite(10,OUTPUT);
  delay(100);
  digitalWrite(8,LOW);
  digitalWrite(9,LOW);
  digitalWrite(10,LOW);
  delay(100);
}
void loop(){
if (irrecv.decode(&results)) {
    Serial.print(" Nlai HEXA Tombol: ");
    Serial.println(results.value, HEX);
   switch(results.value){
    
     //kata-kata LCD
      case 0x2FD807F:  //tombol 1
        lcd.setCursor(0, 0);
        lcd.print("SELAMAT DATANG");
        lcd.setCursor(0, 1);
        lcd.print("UPRAK-TIK-BI-PI");
       
      break;
   
      case 0x2FD40BF: //tombol2
       lcd.setCursor(0, 0);
        lcd.print("INI PROYEK KAMI");
        lcd.setCursor(0, 1);
        lcd.print("MAHA KARYA MEGAH");
      break;

    
      case 0x2FDC03F:  //tombol 3
        lcd.setCursor(0, 0);
        lcd.print("MARI MENIKMATI!!");
        lcd.setCursor(0, 1);
        lcd.print("DEMO PROYEK KAMI");
      break;
    
      case 0x2FD20DF:  //tombol 4
        lcd.setCursor(0, 0);
        lcd.print("SALAM SEJAHTERA!!");
        lcd.setCursor(0, 1);
        lcd.print("MOGA DAMAI SLALU");
      break;
    
    
      case 0x2FDA05F:  //tombol angka 5
         lcd.setCursor(0, 0);
        
        lcd.print("TERIMA=====KASIH");
        lcd.setCursor(0, 1);
        lcd.print("SAMPAI=====JUMPA");
      break;

    case 0x2FD609F:  //tombol angka 6
        for (pos = 0; pos <= 90; pos += 1) {
        myservo.write(pos);             
        delay(15);
        }
         break;
     
    
     case 0x2FDE01F:  //tombol angka 7
        for (pos = 90; pos >=0; pos -= 1) {
        myservo.write(pos);             
        delay(15);
        }
        break;
     
    case 0x2FD10EF:  //tombol angka 8
        runingled1();
        runingled1();
      break;
   
    case 0x2FD906F:  //tombol angka 9
        runingled2();
        onoff();
        runingled2();
      break;
     
    case 0x2FD00FF:  //tombol angka 0
        onoff();
        runingled1();
        onoff();
        break;
    }
  irrecv.resume(); // ambil kode berikutnya
 }
}



BAB V
KESIMPULAN
5.1 Kesimpulan

Berdasarkan uraian BABI sampai BAB IV dapat diberikan kesimpulan bahwa Rumah pintar dapat mengatasi sebagian besar masalah masyarakat dan dapat dijadikan reverensi rumah kedepannya dengan kecangihan atau kepintaran yang terdapat di rumah itu melalui program yang dibuat.

5.2 Kesan Saran

 Kesan
Melalui kerja sama ini kami dapat membangun rasa persaudaraan dan pertemanan yang lebih akrab antara anggota kelompok.Sehingga kami dapat lebih dekat satu sama lain.

Saran
Ke depan sistem pujian praktik diharapkan dapat dibuat lebih menarik lagi,seperti memberikan tema dan tantangan yang berbeda-beda kepada masing-masing kelompok sehingga akhirnya maket yang dikerjakan dapat lebih bervariasi dan beragam.









DAFTAR PUSTAKA


Komentar